Salah satu destinasi pariwisata di Jogja yang menjadi favorit semua wisatawan yang berlibur di Jogja adalah pantai Gunung Kidul. Gunung Kidul sebagai wilayah paling Selatan menjadikannya sebagai daerah dengan berbagai pantai indah yang paling sering dikunjungi wisatawan. Salah satu pantai yang banyak dikunjungi adalah Pantai Ngobaran. Pantai ini beralamat di di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan.

Keindahan pantai ini sudah tidak diragukan lagi. Pasirnya yang putih, dan batu karangnya yang berukuran besar menjadikan pemandangan pantai ini tidak kalah dengan pemandangan pantai di Bali. Pantai ini juga memiliki tebing dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Meski begitu, pantai ini tidak seperti pantai di Bali.

Ombak laut Selatan yang selalu besar membuat pantai ini tidak dikhususkan untuk bermain air terlalu jauh. Wisatawan hanya diperbolehkan bermain air dalam batas tertentu saja. Pantai Ngobaran sebagai tempat pariwisata di Yogyakarta yang indah membuat pantai ini tidak pernah sepi. Namun ramainya pantai ini hanya ketika pagi sampai sore saja. Jaringan listrik dan fasilitas untuk wisatawan tidak tersedia dengan maksimal.

Hal yang menarik lagi di pantai ini adalah dengan adanya bangunan pura dan patung khas Hindu yang berbatasan langsung dengan pantai Ngobaran. Pura tersebut dibangun bukan tanpa maksud, namun tetap ada sejarahnya. Pura tersebut dibangun untuk mengingat Prabu Brawijaya V yang melarikan diri ketika sedang bertempur dengan Raden Fatah, ke Pantai Ngobaran.

Semenjak dibangun Pura Hindu, banyak wisatawan yang kemudian datang untuk beribadah atau melakukan ritual khusus di sekitar Pantai Ngobaran dan Pura. Sehingga aura mistis yang ada di sekitar Pura kadang terasa. Kemistisan Pantai Ngobaran dan Pura tidak membuat pariwisata Yogyakarta yang satu ini tidakĀ  surut.

Pantai ini dibuka untuk umum dan terbuka selama 24 jam. Namun penjagaan loket hanya sampai jam 5 sore saja. Selebihnya wisatawan dapat masuk tanpa membayar retribusi masuk Pantai Ngobaran. Fasilitas yang ada di Pantai Ngobaran memang tidak banyak. Hanya beberapa tempat sembahyang berupa mushola, gazebo, tempat parkir, dan warung yang hanya buka pada siang hari saja.

Bagi wisatawan yang ingin berwisata mengunjungi Pantai Ngobaran disarankan untukĀ rental mobil di Lukito Trans. Medan jalan yang berliku ditakutkan akan menyulitkan para wisatawan menjangkau pantai ini. Anda dapat meminta tim Lukito Trans sebagai driver wisata Anda agar tetap aman dan menyenangkan.

Categories: News

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *