Ketika Anda berada di kawasan Kaliurang, pernahkah Anda memperhatikan bahwa terdapat beberapa rumah berdiri kokoh berwarna putih dengan gaya arsitektur Belanda? Jika iya, Tahukah Anda bagaimana sejarah kawasan wisata Kaliurang sendiri?

Dulu, ketika Indonesia masih dibawah penjajahan Belanda, banyak para peneliti dan ilmuan yang dikirim dari Belanda untuk meneliti segala hal tentang Indonesia. Penelitian banyak dilakukan dalam bidang flora dan fauna, kebudayaan, dan tidak terkecuali penelitian tentang bumi Indonesia. Belanda banyak mengirimkan ahli geologi yang melakukan penelitian di Indonesia, termasuk Jogja.

Para ahli geologi tersebut kemudian mencari daerah dengan udara sejuk dengan pemandangan yang masih asri. Maka dipilihlah Kaliurang sebagai tempat peristirahatan mereka. Namun setelah Indonesia merdeka, kawasan Kaliurang masih digunakan sebagai tempat tempat rekreasi Jogja. Berbagai jenis vila dan penginapan juga dibangun, seperti halnya orang Belanda membangun Bungalow di kawasan Kaliurang.

Sewa Bus Jogja ke Kaliurang

Sejarah Kaliurang tidak hanya sampai di situ saja. Di kaliurang juga pernah terjadi sebuah peristiwa sejarah, yaitu perundingan khusus antara Indonesia dengan Komisi Tiga Negara yang dilakukan di Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Keraton Yogyakarta yang awalnya milik orang Belanda, pada 13 Januari 1948. Tempat pariwisata Jogja, yang berada di Kaliurang denga berbagai nilai sejarah tentu tidak hanya itu saja. Ada beberapa wisata edukasi lainnya yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Tempat main di Jogja, tepatnya di Kaliurang yang bersejarah selanjutnya dalah Goa Jepang. Terletak di komplek Nirmolo Kaliurang. Gua ini dahulu digunakan oleh tentara Jepang untuk tempat tinggal dan tempat berlindung dari musuh. Gua yang ada di Kaliurang ini juga masih terjaga keasliannya. Semua berjumlah 25 unit, dan saling terhubung. Gua tersebut tanpa penerangan untuk mempertahankan kondisi dan suasana Goa tersebut.

Untuk menjangkau berbagai tempat bersejarah di Kaliurang, Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik berupa sepeda motor, mobil, efl, atau bus pariwisata. Akses menuju wisata Kaliurang lumayan menanjak dan berliku, namun kondisi jalannya baik.

Wisatawan dengan jumlah rombongan banyak juga dapat menggunakan sewa bus jogja pariwisata yang banyak disewakan di kota Jogja sendiri. Anda juga dapat menghubungi Lukito Trans, salah satu agen bus pariwisata di Jogja yang terpercaya. Untuk reservasi bisa melalui website di www.wisatajogja.id.

Categories: News

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *