Candi menjadi salah satu peninggalan arsitektur tertua yang ada di Indonesia. Banyak peninggalan arsitektur yang berupa candi ditemukan oleh warga sekitar ketika sedang melakukan aktivitas penggalian yang tidak sengaja. Terlebih lagi di Jogja dan sekitarnya, berbagai jenis candi muali ditemukan, baik peninggalan candi Buddha maupun Hindu. Pemerintah Jogja pun mulai serius dalam penanganan candi.

Jika dahulu fungsi candi sebagai tempat sembahyang, pertapaan, atau aktivitas spiritualisme lainnya, kini fungsi candi bertambah, yaitu sebagai tempat wisata dan pengembangan edukasi bagi masyarakat. Di Jogja sendiri, candi menjadi salah satu tempat pariwisata Jogja yang digemari. Banyak masyarakat yang masih mengidolakan candi sebagai sarana melepas penat sambil menambah pengetahuan mereka tentang candi.

Banyak agen wisata yanag menyediakan paket wisata candi. Salah satu agen wisata yang menyediakannya adalah Lukito Trans. Lukito Trans memang melayani jasa sewa bus jogja, atau kedaraan wisata lainnya. Namun Lukito Trans juga menyediakan paket murah yang disediakan untuk wisatawan yang ingin menikmati Candi-candi yang ada di Jogja. Tempat wisata yang akan dikunjungi jika Anda memilih paket wisata candi adalah Borobudur, Prambanan, dan yang terakhir Sendra Tari Ramayana. Namun masih ada beberapa destinasi wisata yang juga akan dikunjungi.

Di Borobudur, wisatawan akan menikmati candi Buddha yang termegah di Indonesia. Di borobudur, banyak terdapat berbagai patung Buddha dan relief yang menceritakan tentang berbagai macam cerita dan legenda yang dipercayai umat Buddha. Memiliki relief sebanyak 2672, dan memiliki 502 arca Buddha. Wisatawan akan dijemput Lukito Trans mengguanak bus pada hari pertama. Namun jika Anda memilih untuk berangkat sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa rental avanza Jogja.

Candi Prambanan Jogja

Setelah puas melihat kemegahan Borobudur, Anda kemudian akan diajak ke kota Jogja bagian Timur, yaitu ke Prambanan. Candi ini menjadi peninggalan umat Hindu terbesar yang ada di Jogja. Memiliki 3 bagian, yaitu candi Siwa, Candi Wisnu, dan Candi Brahma. Terdapat juga candi 3 candi Wahana yang dikelilingi 244 Candi Perwara. Seperti halnya Borobudur. Di komplek Candi Prambanan pula tedapat panggung tari Ramayana yang namanya terdengar sampai dunia Internasional.

Kemegahan panggung dan efek yang ditampilkan menambah keseruan tarian namun tidak menghilangkan kemistisan tarian Ramayana yang ditampilakan pada malam hari. Setelah puas melihat tarian Ramayan, tim dari Lukito Trans akan mengantarkan Wisatawan menuju Hotel untuk beristirahat. Candi Prambanan dapat diakses dengan berbagai kendaraan. Jika Anda ingin ke sana sendiri, Anda bisa juga menyewa mobil atau sewa motor.

Categories: News

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *