Salah satu yang menjadikan Jogja sebagai Daerah Istimewa adalah karena faktor sejarah yang dulu pernah terjadi. Selain pernah menjadi ibu kota Indonesia, Jogja juga punya sejarah panjang dalam perjuangan rakyat Indonesia dalam kemerdekaannya. Karenanya, Jogja memiliki beberapa tempat bersejarah yang sangat sayang jika dilewati. Tempat bersejarah yang ada di Jogja bisa jadi salah satu alternatif pariwisata Jogja yang dapat Anda kunjungi. Beberapa tempat wisata bersejarah yang ada di Jogja adalah sebagai berikut.

1. Masjid Gedhe Kauman

Didirikan oleh Sri Sultan HB 1 beserta seorang penghulu pertama yang dimiki Kraton Yogyakarta, yaitu Kyai Fatih Ibrahim Diponingrat. Masjid Kauman menjadi salah satu masji yang tertua di Indonesia karena dibangun pada tahun 1773. Sampai sekarang, masjid ini masih digunakan untuk kegiatan persembahyangan umat islam. Anda dapat berkunjung ke Masjid Gedhe Kauman untuk beribadah sambil melepas lelah atau sekadar menikmati asitekturnya. Masji Gedhe dapat menjadi alternatif wisata Jogja murah dengan sewa bus jogja.

2. Kotagedhe

Salah satu wilayah di Jogja yang penuh dengan kekayaan sejarah. Dimulai dari sejarah kerajaan sampai sejarah ketika penjajahan Belanda dulu, semua bangunan dan peninggalan masih bisa Anda nikmati. Yang paling terkenal dari Kotagedhe selain berbagai bangunan bersejrahanya adalah pengrajin peraknya. Anda dapat membeli kerajinan yang terbuat dari logam di sini. Selain itu, jika wisatawan ingin mencari tempat kuliner di Jogja, Kotagedhe bisa menjadi salah satu tempat yang cocok. Berbagai makanan tradisional tersedia di beberapa wilayah pasar Kotagedhe.

3. Museum Ulen Sentalu

Wisata Museum ini menjadi salah satu museum yang diidolakan para wisatawan karena pemandangan menuju museum ini sangat Indah. Museum Ulen Sentalu berada di lereng gunung Merapi, sehingga wisatawan yang ingin ke museum tersebut akan disuguhi pemandangan Gunung Merapi yang indah serta hawa dan udara yang sejuk. Wisata Museum ini memiliki berbagai benda koleksi peninggalan kerajaan Mataram. Anda bisa melihat berbagai pusaka dan benda-benda bersejarah di museum ini.

Dari ketiga rekomendasi wisata bersejarah di atas, Anda dapat memilih salah satu, atau jika Anda memiliki banyak waktu, bisa mengunjungi ketiga tempat bersejarah yang ada di Jogja. Ada berbagai macam pilihan transportasi untuk sampai ke wisata di atas, yaitu bisa menyewa mobil, menyewa bus, bisa juga dengan sewa motor. Segera agendakan liburanmu.

Categories: News

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *