Ada wilayah lain di kota Jogja yang dapat Anda masukkan ke dalam list wisata selain Cangkringan, Tugu, Malioboro, Wonosari, Gunung Kidul, dan wilayah-wilayah lain, yaitu Kotagede Yogyakarta. Di Kotagede, Anda akan merasakan hal-hal yang berbeda dari wilayah lain yang ada di Jogja.

Sejarah dan peristiwa yang pernah dialami Kotagede membuat wilayah ini menjadikan Kotagede sebagai tempat yang patut dikunjungi. Terlihat di beberapa wilayah Kotagede menyimpan bekas bangunan yang mencerminkan kejayaan Kotagede. Selain bangunan bersejarah, kuliner dan kerajinan yang melegenda juga masih terjaga. Anda akan sangat beruntung jika menjadi salah seorang yang dapat merasakan kelegendaan Kotagede.

Kotagede berjarak sekitar 10 menit dari terminal nggiwangan, dan 15 menit dari 0 Km Jogja. Anda dapat menggunakan Trans Jogja jika ingin ke Kotagede, atau menggunakan jasa ojek online. Namun jika Anda bersama rombongan yang besar, Anda dapat menyewa sebuah bus pariwisata di Jogja. Ada berbagai tempat unik yang tersimpan di sudut Kotagede. Beberapa di anataranya akan dijabarkan sebagai berikut.

1. Pasar Legi Kotagede

Pasar ini menjadi salah satu pasar tertua di Jogja. Tempat tersebut ada sejak zaman kerajaan yang telah lampau, dan sampai sekarang pasar tersebut masih menjadi tempat bertransaksi penduduk sekitar. Disebut Pasar Legi karena para pedagang pasar ini akan benar-benar berkumpul di pasar ini hanya pada hari Legi (hari kalender Jawa).

Namun jika pada haris-hari lainnya tetap ada pedagang dan pembeli namun tidak seramai ketika hari Legi. Yang lebih unik lagi, beberapa bangunan pasar masih mepertahankan arsitektur dan posisinya sejak dulu sampai sekarang. Memang beberapa bagian telah direnovasi, namun itu tidak mengibah posisi dan gaya bangunan yang ada di PasarĀ  Kotagede. Jika Anda ke sini, disarankan menggunakan bus elf, atau sewa bus jogja untuk berkunjung.

2. Makam Raja-Raja Mataram

Ketika Anda berada di Pasar Kotagede, Anda dapat melihat adanya tembok tinggi. Di balik tembok tersebut bersemayam raja dan tokoh yang dulu mendirikan kerajaan Mataram. Gaya bangunan makam dan gapura yang ada mirip dengan bangunan yang ada di Bali.

Masih banyak bangunan bersejarah yang ada di Kotagede. Anda dapat mengunjungi website www.wisatajogja.id untuk mendapatkan informasi mengenai pariwisata Yogyakarta dan paket wisata Jogja. Selamat berlibur!

Categories: News

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *